Cari Blog Ini

MACAM-MACAM NEW MEDIA - TARUNA

Analisa, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan New Media Investigasi New Media

Berikut ini merupakan manfaat, kekurangan dan kelebihan berserta analisa terhadap fitur & konten dari beberapa new media yang akan saya jelaskan dibawah ini.

1.         Google Drive  
           
Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir april 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan PC, laptop, ataupun smartphone dengan tersedianya jaringan internet didalam perangkat tersebut.

*          Fitur & Konten :
-           Integrasi dengan produk lain, fitur ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Karena fitur ini terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti Google Doc, Google Shets maupun Google Slide.
-           Kapasitas penyimpanan, dengan mengimplementasikan teknologi berbasis cloud anda mendapat kapasitas dari layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk free lisense. Sedangkan untuk Google Drive premium anda mendapat 30GB.
-           Revision history, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Fitur ini juga bisa melakukan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasi.

*          Manfaat :
            Google Drive merupakan media penyimpanan online yang disediakan oleh Google yang dapat mempermudah para penggunanya. File atau data yang dapat disimpan dalam media ini diantaranya yaitu berupa catatan atau memo, link, mindmup dan concept board.

*          Kelebihan :
-           Kapasitas oenyimpanan yang besar yaitu 15GB
-           Akses file disaat offline
-           Mengedit dan membuat dokumen secara bersama
-           Berbagi file, folder dan seluruh ini drive
-           Terintegrasi dengan layanan google yang lainnya
-           Menggunakan fitur pencari google

*          Kekurangan :
            Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memungkinkan dapat berjalan dengan lancar.

2.         Line
           
            Line, aplikasi sosial media yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat terutama para pengguna smartphone. Aplikasi ini diterbitkan pada 23 Juni 2011 oleh NHN Corporation asal Jepang dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut, Line masuk dalam sistem operasi besutan Blackberry. Lalu pada tahun 2012, Line resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.
          
          Asal usul diciptakannya Line ternyata adalah dari bencana gempa dan tsunami di Jepang pada 11 Maret 2011, Lee Hae-jin selaku pendiri aplikasi Line terinspirasi akan panjangnya antrian orang di telephone umum untuk berkomunikasi kepada sanak saudara yang bisa dihubungi setelah bencana terjadi, oleh karena itulah beliau memutuskan untuk membuat aplikasi yang berjalan melalui smartphone, tablet dan desktop untuk melakukan instans messagging secara gratis.

*          Fitur & Konten :
-           Chat 1 : 1, fitur ini merupakan fitur utama yang dapat anda gunakan dalam aplikasi ini. Memudahkan para user untuk melakukan personal chat dengan lawan bicara kita kapanpun dan dimanapun kita berada.
-           Pesan siaran, fitur ini dapat membuat dari aplikasi Line sendiri dan dapat mengirimkannya secara massal kepada seluruh pelanggan dan penggemar yang telah berteman dengan akun kita dalam aplikasi Line ini.
-           Halaman akun, fitur ini dapat berfungsi sebagai informasi yang ada dalam akun kita yang dapat dilihat oleh pengguna Line lain yang berteman maupun yang tidak berteman dengan kita dalam aplikasi Line ini.
-           Timeline / Beranda, fitur ini dapat digunakan untuk mengirimkan berita dan oemberitahuan terkait akun kepada followers. Kita juga dapat memilih waktu untuk memposting suatu konten ke timeline.
-           Free call, dalam fitur ini kita tidak hanya dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kita dengan menggunakan pesan singkat. Dalam fitur ini kita dapat menelepon lawan bicara kita dengan berbicara langsung dengan lawan bicara kita layaknya kita menelepon.
-           Video call, dalam fitur ini kita tidak hanya dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kita dengan menggunakan pesan singkat ataupun telepon biasa. Dalam fitur ini kita dapat menelepon lawan bicara kita dengan berbicara langsung dengan lawan bicara kita dengan kita dapat melihat langsung lawan bicara kita dengan kamera depan ataupun belakang yang terdapat pada setiap smartphone.

*          Manfaat :
            Aplikasi Line ini bermanfaat untuk berkomunikasi dengan lawan bicara kita kapanpun dan dimanapun dengan fitur fitur yang disediakan oleh aplikasi ini baik melalui pesan singkat maupun dengan melalui pesan suara. Selain berkomunikasi aplikasi Line ini juga dapat berfungsi sebagai sumber informasi melalui fitur fitur yang disediakan dalam aplikasi Line ini.

*          Kelebihan :
-           Line memberikan layanan free call untuk dapat bertelepon gratis antar sesama pengguna Line tanpa dipotong biaya pulsa hanya menggunakan kuota internet.
-           Grup Messanger bisa mencapai 500 anggota
-           Line mempunyai nomor telephone sebagai Account ID, tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang menginvite ID kita dan menyembunyikan nomor telephone kita jika itu privacy.
-           Add friend melalui QR code, fitur ini dapat dibuat gratis melalui Line.
-           Line memungkinkan digunakan di OS Windows / Mac Os, jadi bagi pengguna Line yang belum mempunyai smartphone, fitur ini efektif untuk dapat digunakan.

*          Kekurangan :
-           Koneksi dari aplikasi Line masih belum stabil dalam hal mengirim dan menerima data.
-           Fitur call baru akan berjalan lancar jika dalam jangkauan minimal 3G/HSDPA.

3.         Path
           

            Path merupakan  sebuah media aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, pesan dan juga lokasi. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman teman terdekat. Aplikasi ini merupakan jenis perusahaan swasta dari Amerika yang didirikan oleh Dave Morin yang mana aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone.

*          Fitur & Konten :
-           Profil, fitur ini memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah.
-           Belanja, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.
-           Mengirim pesan, fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain.
-           Komentar, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman dalam aplikasi Path.

*          Manfaat :
            Aplikasi Path ini berfungsi untuk berbagi atau mengunggah momen para pengguna supaya dapat dilihat oleh pengguna lain yang sudah berteman dalam aplikasi Path. Selain itu, kita juga dapat memberi komentar pada momen yang diunggah pengguna lain yang sudah berteman dengan kita dalam aplikasi Path.

*          Kelebihan :
-           User dapat sharing konten apa saja baik lagu, foto maupun lokasi.
-           Path bersifat privasi.
-           Memiliki 8 free filter lenses untuk mempercantik foto atau video.
-           Memiliki fitur chat
-           Dapat memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita.

*          Kekurangan :
-           Path hanya membatasi 150 teman, dan
-           Tidak memiliki fitur untuk informasi atau berita sacara umum.

4.         Blog
           

            Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa anekamacam tulisan tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik, meskipun tidak harus selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing ataupun search engine lainnya.

*          Fitur & Konten :
-           Dasbor Blogger, merupakan halaman utama dari akun blogger anda yang berisi semua informasi umum dan pengaturan akun blogger seperti seperti mengatur account dan profile, membuat blog baru dan lain sebagainya.
-           Post, merupakan halaman yang berisi tentang informasi artikel dari yang sudah diterbitkan dan belum diterbitkan atau dipublikasikan.
-           Ikhtisar, merupakan halaman utama masing-masing blog yang berisi informasi umum mengenai blog yang anda kelola dan semua tools atau fasilitas dalam blogspot.
-           Laman, digunakan untuk menambahkan halaman baru dalam blog secara otomatis.
-           Komentar, merupakan halaman yang berisi informasi semua komentar yang ada di blog, baik yang sudah diterbitkan atau yang dianggap sebagai spam. Digunakan juga untuk menerbitkan komentar dan menghapus atau menandai komentar tersebut sebagai spam.
-           Google+, digunakan untuk menghubungkan blog dengan akun google+ agar lebih mudah berbagi setiap menerbitkan posting. Nantinya profil blogger sobat akan berubah menjadi profil google plus.
-           Statistik, merupakan informasi statistik data pengunjung blog, seperti jumlah kunjungan, artikel yang dilihat, asal pengunjung dan lain sebagainya.
-           Penghasilan, menu ini digunakan untuk menghubungkan blog sobat dengan Google Adsense, yakni program periklanan google dimana sobat menaruh iklan dan akan dibayar setiap terjadi klik pada iklan tersebut.
-           Tata Letak, fitur ini berisi informasi dan pengaturan gadget atau widget yang terpasang pada blog. Kalo ingin menambahkan widget untuk mempercantik blog disini tempatnya.
-           Template, menu ini berisi tentang semua pengaturan tampilan atau template blog. Mulai dari membackup/ upload template, mengedit html template, mengatur tampilan blog versi mobile dan juga untuk merancang template dengan fitur yang disediakan.
-           Setelan, menu ini digunakan untuk pengaturan blog sobat yang terdiri dari :
a.         Dasar, berisi informasi dasar untuk mengatur judul, deskripsi blog, privasi, alamat blog dan izin blog siapa saja yang dapat menjadi penulis dan pembaca blog.
b.         Pos dan Komentar, digunakan untuk mengatur posting dan komentar blog. Seperti mengatur jumlah posting dihalaman utama, menentukan letak form komentar, mengatur ijin komentar, setting modernisasi komentar, verifikasi kata dan lain sebagainya.
c.         Selular dan Email, fitur ini digunakan untuk posting melalui sms/mms dari ponsel dan juga melalui email. Jika ingin posting artikel lewat sms, tinggal anda tinggal menambahkan no telepon.
d.         Bahasa dan Pemformatan, Digunakan untuk mengatur bahasa blog dan juga wilayah waktu setempat.
e.         Preferensi Penelusuran, pada halaman ini digunakan untuk mengatur hasil penelusuan, mulai dari  setting deskripsi kusus, pengaturan kesalahan dan pengalihan dan juga setting “robot.txt”.
f.          Lainnya, fitur ini berisi menu untuk mengimpor, ekspor, hapus blog, pengaturan feed, open id, dan google analystics.

*          Manfaat :
            Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program program media lainnya dan perusahaan perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya, artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.

*          Kelebihan :
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya. Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya.        
*          Kekurangan :
            Beberapa kekurangan blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.

5.         Instagram
           

            Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Aplikasi Instagram ini juga dilengkapi fitur fitur yang salah satunya yaitu memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak. Instagram dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi diantaranya yaitu iOS, Android dan Windows.

*          Fitur & Konten :
-           Mengunggah Foto, fitur ini merupakan fitur utama dari aplikasi Instagram karena kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto foto kepada pengguna lainnya.
-           Efek foto, aplikasi Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya.
-           Arroba, aplikasi Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menyinggung pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto.

*          Manfaat :
            Aplikasi sosial media yang satu ini memiliki cukup banyak manfaat yang menguntungkan sekaligus untuk para pengguna juga dapat berfashion insta dalam aplikasi Instagram ini. Manfaat yang ada didalam aplikasi ini dapat dibagi menjadi 4 garis besar, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.         Mengasah Seni Fotografi. Jika anda senang dengan dunia Fotografi, maka cocok sekali jika anda mempunyai akun Instagram. Instagram bisa mewadahi anda dalam berkarya. Selain itu, anda juga bisa menemukan fotografer keren-keren di seluruh dunia, sehingga bisa menjadi tolak ukur seberapa jauh perkembangan seni fotografi anda.
b.         Ikut Komunitas. Di Indonesia sendiri banyak sekali komunitas-komunitas yang didirikan melalui Instagram. Antara lain yaitu, Camera Indonesia, Insta Nusantara, Geonusantara, dll. Dalam komunitas ini bukan hanya melatih fotografi, tapi dalam komunitas ini kita bisa bersosial lebih. Anda akan menemukan kekeluargaan yang begitu erat jika anda ikut bergabung dengan komunitas ini.
c.         Bisnis Online. Sudah tidak aneh lagi jika anda banyak menemukan penjual online yang beredar di Instagram. Karena dari Instagram, anda bisa meluasakan dan melebarkan pasar anda. Tidak hanya terpaku di Indonesia saja tentunya, pastinya jangkauan anda akan sampai ke seluruh dunia.
d.         Menambah Jaringan Sosial. Menurut saya inilah yang paling penting, dari Instagram kita bisa menambah banyak teman di seluruh Indonesia bahkan dunia. Banyak teman tentu banyak rejeki. Salah satu manfaat dengan banyak teman di Instagram yaitu, jika anda sedang traveling ke tempat jauh, kemungkinan besar anda akan bisa bertemu dengannya dan sudah barang pasti anda bisa nebeng menginap.

*          Kelebihan :
-           Memperindah foto yang diupload.
-           Bisa menshare foto.
-           Memasarkan produk atau berjualan online.
-           Instagram juga mengembangkan InstaMessage, fitur chat antar pengguna Instagram.

*          Kekurangan :
-           Video yang kita upload hanya memiliki batas durasi sekitar 15 detik.
-           Foto foto yang diupload di Instagram berukuran kecil dan sering tidak terlihat jelas.

Kiranya demikian artikel atau tulisan yang dapat saya tuliskan yaitu berisi tentang analisa, fitur & konten, manfaat, kekurangan beserta kelebihan dari 5 aplikasi New Media. Aplikasi New Media yang saya kutip diatas diantaranya, yaitu Google Drive, Line, Path, Blog dan Instagram. Semoga dapat bermanfaat cukup sekian dari saya, Trimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar