Cari Blog Ini

MACAM-MACAM NEW MEDIA - DITA

ANALISA FITUR DAN KONTENT APLIKASI NEW MEDIA

1.         YOUTUBE 
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih.
- Manfaat:
1.         Mengingat kembali memori masa lalu
Melalui youtube kita dapat melihat kembali tayangan-tayangan acara tv,film,musik ketika jaman dahulu/ketika kita kecil. Ini dapat membuat rasa rindu kita terhadap masa yang pernah kita lalui terobati.
2.         Dapat membuat segala sesuat sendiri melalui videp tutorial
Dengan adanya video-video tutorial di youtube dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru, sehingga kita dapat membuat yang kita inginkan sendiri. Contoh nya ketika kita ingin bermake-up ke acara pernikahan teman, kita bisa melihat tutorial make-up yang bagus dan benar
3.         Menonton tayangan program tv atau tayangan berita yang lewat
Kita pasti memiliki acara favorit masing-masing di televisi, tetapi kadang kala kita tidak bisa menontonnya setiap hari karena kesibukan kita sehingga kita melewatkan tayangan acara itu. Dengan adanya youtube kita dapat melihat tayangan favorit kita kembali
4.        Menghasilkan uang
Sekarang – sekarang ini kita tahu bahwa banyak youtuber yang mengupload video blog(vlog) tentang keseharian mereka, tutorial-tutorial,review barang atau makanan. Bukan tanpa sebab mereka mengupload video-video mereka, dengan mengupload video, mereka dapat memperoleh imbalan dari youtube. Semakin banyak viewer nya, semakin besar imbalan yang akan diterima.
- Kelebihan
1.         Dengan youtube kita bisa melihan dan mengambil berbagai video yang belum kita lihat di TV sebelumnya,sehingga kita tidak melewatkan informasi maupun infotaiment.
2.         Didalam youtube terdapat menu “search” sehingga apabila kita masukan nama atau jenis video yang mau diambil maka secara otomatis dan cepat akan muncul video yang kita inginkan
3.         Di youtube terdapat berbagai jenis format video yang bisa kita pilih sesuai dengan aplikasi pemutar video yang kita punya
4.        Gambar video di youtube sudah bagus sehingga  nyaman dan jelas apabila kita menontonya
5.         Di youtube ada tombol subscribe yang jika kita klik kita akan mendapat notifikasi dari akun yang kita subscribe ketika dia mengupload video baru sehingga kita tidak akan terlewatkan video baru dari mereka.
- Kekurangan
1.         Apabila koneksi internet kita lagi lama atau lemot,maka dalam mengambil video di youtube pun akan terganggu dan mungkin kita akan menunggu terlalu lama
2.         Video didalam youtube umumnya memiki ukuran atau kapasitas sangat besar.
3.         Youtube tidak menyediakan aplikasi pengambilan video di websitenya,sehingga kita harus mencari aplikasi lain seperti keepvid dan youtube downloader
4.        Youtube menyediakan fasilitas upload video bagi siapa saja,sehingga disini dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Contohnya saja upload video porno dan video tentang penghinaan terhadap golongan tertentu.

2.         FACEBOOK
Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012 , Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif , lebih dari separuhnya menggunakan handphone. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard , Eduardo Saverin , Andrew McCollum , Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja , tetapi kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas , dan akhirnya dibuka untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Manfaat :
1.         Sebagai tempat untuk mencari teman, dengan adanya facebook kita dapat mencari teman lama kita dan menjalin silahturahmi kembali.
2.         Tempat promosi, bisa menjadi media promosi suatu acara atau produk yang kita jual.
3.         Tempat diskusi, salah satu fitur di facebook ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Kita bisa berdiskusi tentang apapun.
4.        Sebagai tempat untuk menjalin hubungan.
5.         Sebagai tempat belajar dan bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
Kelebihan:
1.      User Interface yang mudah dan bersahabat sangat memudahkan pengguna untuk menggunakannya.
2.      Merupakan situs jejaring sosial yang masih banyak diminati di dunia.
3.         Dapat mengupload file , gambar , video , ataupun tautan dari situs lain.
4.        Pemakaiannya gratis atau tidak berbayar.
5.         Dapat digunakan untuk bisnis , yaitu dapat mempromosikan produknya melalui iklan- iklan yang akan tampil di halaman Facebook kita. 
6.        Facebook dapat diakses di manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan handphone sekalipun.

Kekurangan :
1.         Banyak user yang menggunakan Facebook dengan identitas palsu ataupun menggunakan nama samaran. Seperti misalnya nama artis , dan halaman- halaman yang tidak jelas.
2.         Muncul iklan- iklan dan halaman yang berupa konten dewasa , yang biasanya sering tampil di sisi kanan halaman Facebook kita.
3.         Dapat membuat seseorang kecanduan , terutama untuk para pelajar SMP-SMA. Karena mayoritas pengguna Facebook adalah kalangan SMP-SMA , sehingga Facebook juga menjadi salah satu penyebab pelajar untuk malas belajar.
4.        Facebook sering kali digunakan untuk ajang “perang kata” , biasanya menggunakan kata- kata yang tidak pantas.

3.         TWITTER
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan(status) hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut “follower”.

Manfaat Twitter :
1.         Komunitas, di Twitter kita dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sharing informasi secara langsung
2.         Membuka Jaringan, pengguna twitter berasal dari latar belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau terkait aktivitas perusahaan, bisa anda temui dengan mudah di Twitter. 
3.         Sebarkan Ide, kita dapat menyampaikan ide kita melalui twitter sehingga setiap orang dapat mengetahui apa ide kita
4.        Membangun Personal Brand, Twitter menyediakan tempat bagi Anda untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide.
5.         Sebagai alat komunikasi dengan keluarga atau teman lama dimanapun mereka berada.
Kelebihan Twitter:
1.         Menjangkau bukan hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah. 
2.         Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Biasanya berita-berita terupdate akan diposting terlebih dahulu di twitter
3.         Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan oleh pengguna twitter. 
4.        Dapat memasarkan produk secara geratis.
5.         Dengan adanya fitur polling , dapat mempermudah kita untuk menentukan sebuah pilihan
Kekurangan Twitter:
1.         Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
2.         Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain. 
3.         Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook. 
4.        Ukuran avatar (foto profil) kecil.

4.        BLOG
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.


- Manfaat blog:
1.         Menambah pengetahuan, kegiatan ngeblog sering kali mengharuskan kita untuk menulis sebuah artikel. Ketika kita menulis sebuah artikel kita pasti akan melakukan searching materi terlebih dahulu agar isi artikel kita tidak asal-asalan. Proses searching materi itu yang dapat menambah pengetahuan kita
2.       Menambah teman sehobby, mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby, dan saling membantu. 
3.       Membantu orang lain, setiap hari puluhan juta orang mencari informasi melalui google,lewat artikel yang kita tulis kita bisa membantu orang lain untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.
4.       Menyalurkan bakat, Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis. Apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunya bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog. 
5.       Menghasilkan uang, Ini manfaat blog yang paling menyenangkan. Kita bisa menghasilkan uang melalui blog dengan mengikuti program-program periklanan, menjual produk dan jasa, baik produk/jasa milik sendiri maupun jasa/produk orang lain (affiliasi).
- Kelebihan blog:
Sifatnya berdiri sendiri sebagai media, 
Blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya. 
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. 
Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. 
Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. 
Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. 
Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog. 
- Kekurangan blog:
1.         Rentan terkena virus, hacker atau spywere.
2.         Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi,  
3.         Mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan

5.         TV DIGITAL
Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Manfaat tv digital
1.      Dari sisi konsumen atau masyarakat penonton televisi. Dengan TV digital, konsumen akan bisa menikmati siaran televisi dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik, pilihan saluran lebih banyak, dan juga dilengkapi dengan sistem peringatan dini bencana atau bahaya (early warning system).
2.      Dari sisi penyelenggara siaran televisi. Mereka tidak akan lagi dipusingkan dengan penyediaan infrastruktur, seperti pemancar dan lain-lain, karena itu sudah dibangun dan disediakan oleh penyelenggara multipleksing.
3.      Dari sisi industri. Peralihan ke TV digital juga akan membantu pengembangan industri dalam negeri karena perangkat konverter TV digital akan diproduksi di dan oleh perusahaan Indonesia.
4.        Bagi pemerintah, TV digital akan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan frekuensi radio di Indonesia dengan tingkat penghematan sekitar 1/3 dari total penggunaan sekarang ini.
Kelebihan TV Digital
1.         Kualitas gambar yang sangat jelas selama masih di dalam area pancaran satelit
2.         Jumlah siaran televisi yang lebih banyak,satu satelit bisa terdapat 30 – ratusan chanel
3.         Karaktersiktik sinyal di setiap daerah berbeda-beda, tetapi akan sama apabila berada di radius yang sama. Karakteristik sinyal inilah yang menghasilkan kualitas gambar dan warna yang jauh lebih baik
Kekurangan TV Digital
1.         Harus menyiapkan peralatan tambahan berupa parabola set plus receivernya
2.         Gangguan dapat terjadi apabila posisi matahari berada tepat di atas satelit

REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar