Cari Blog Ini

MACAM-MACAM NEW MEDIA - AGUNG

ANALISA FITUR dan KONTEN NEW MEDIA

Berikut ini akan saya sampaikan sedikit analisa fitur dan konten (Manfaat, Kekurangan dan Kelebihan) dari New Media :
1. Youtube
        Sekarang ini youtube sangat populer sekali karena memiliki banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi pengunjungnya. Meskipun demikian sebuah web tidak mungkin tidak memiliki kekurangan. Tetapi disamping memiliki kekurangan web juga pasti memiliki kelebihan. Berikut saya akan membahas kekurangan dan kelebihan dari youtube itu sendiri.

           Apabila koneksi internet kita lagi lama atau lemot, maka dalam mengambil video youtube pun akan terganggu dan mungkin kita akan menunggu terlalu lama (buffering).
Video didalam youtube umumnya memiliki ukuran atau kapasitas yang sangat besar.
Youtube tidak menyediakan aplikasi pengambilan video di websitenya, sehingga kita harus mencari aplikasi lain seperti keepvid dan youtube downloader.

           Youtube menyediakan fasilitas upload video bagi siapa saja, sehingga disini dapat disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja upload video porno dan video tentang penghinaan terhadap golongan tertentu.
#Manfaat
Dalam youtube memiliki beberapa manfaat bagi pengaksesnya , diantaranya :
Dapat melihat trailer film yang akan tayang di bioskop .
Dapat bermanfaat  sebagai sarana memasarkan produk / iklan bagi pengusaha yang ingin lebih memajukan usahanya.
Sarana berbagi ilmu.
Sarana hiburan.
Sarana berbagai informasi.
#Kekurangan
Youtube pun tak hanya mempunyai manfaat namun juga mempunyai berbagai kekuragan, diantaranya :
Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.
Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.
Akan tetapi semua itu dikembalikan lagi kepada diri kita masing-masing bagaimana menyikapi, memanfaatkannya secara baik dan tidak menjadi seseorang yang malas akibat dari semua kemudahan-kemudahan yang diberikan dengan pemanfaatan new media.
#Kelebihan
Diantara kekurangan dalam youtube, youtube pun mempunyai berbagai kelebihan yang dapat dirasakan oleh user. diantaranya :
Dengan youtube kita dapat melihat dan mengambil berbagai video yang belum kita lihat di TV sebelumnya, sehingga kita tidak melewatkan informasi maupun infotaiment.
Didalam youtube terdapat menu “search” sehingga apabila kita masukan nama atau jenis video yang mau diambil maka secara otomatis dan cepat akan muncul video yang kita inginkan.
Di youtube terdapat berbagai jenis format video yang bisa kita pilih sesuai dengan aplikasi pemutar video yang kita punya.
Gambar video di youtube pun sudah bagus sehingga kita dapat dengan nyaman dan jelas apabila kita menontonya.



2. G+ ( Google Plus)

                Google+ adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.
        Sebagai gambaran saja mungkin benar google plus akan menandingi ketenaran facebook dan menggantikan posisi facebook saat ini, jika kita lihat dari beberapa hal berikut :
1. Integrasi dengan layanan Google.
2. Manajemen pertemanan yang lebih baik.
3. Aplikasi mobile yang lebih baik.
4. Lebih gampang menemukan hal untuk dibagi.
5. Anda dapat mengambil kembali data Anda.
6. Melabel foto lebih baik.
7. Fitur obrolan grup yang mantap.
8.Membagi konten lebih aman.
9.Google lebih baik mengurusi data pribadi Anda.
Saat ini versi Google+ baru bisa dinikmati oleh segelintir pengguna dan hanya bisa dinikmati lewat undangan dari pengguna yang sudah terdaftar. Tapi, Google berjanji secepatnya jejaring sosial ini bisa segera dinikmati oleh jutaan pengakses Google setiap harinya.

    Menurut datacomScore, pada Mei tahun ini, sebanyak 180 juta orang mengunjungi situs Google termasuk YouTube. Angka ini memang lebih besar dari Facebook yang dikunjungi 157,2 juta orang. Namun, para Facebooker rata-rata menghabiskan waktu 375 menit. Adapun pengunjung Google hanya menghabiskan waktu 231 menit.
#Manfaat.
               Google+ tentunya memiliki beberapa manfaat yang dapat digunakan oleh penggunanya, diantaranya :
Google+ dapat  bermanfaat untuk berbagi artikel anda ke semua lingkaran anda.
Google+ dapat membantu kita terhubung dengan banyak orang.
Google+ mampu mempublikasikan tulisan keseluruh dunia, dsb.
#Kekurangan
Diantara manfaat yang ada Google+ memiliki kekurangan, diantaranya :
Repost, ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung dapat mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter, pada Facebook ? tidak ada.
Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
Mode huruf beragam Berbeda dengan FB dan Twitter, di G+ (singkatan Google+) bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal, menarik kan?
Gif diijinkan Muatan gambar berekstensi Gif memang membuat loading time lama, tetapi ini berfungsi di G+ sehingga gambar berekstensi gif bisa berjalan sebagaimana biasa ketika dishared di status G+.
Live Notification Istilah ini sebenarnya saya buat sendiri, di FB jika terdapat notification maka untuk melihat komentar orang maka kita harus menuju halaman yang dimaksud. Tidak dengan G+ karena kita bisa langsung melihat status apa yang dikomentarin sekaligus langsung bisa membalas komentarnya, canggih!
Ringan Dengan fasilitas live notification seharusnya membutuhkan koneksi yang mumpuni tetapi ternyata koneksi pas-pasan pun bisa dengan lancar membuka G+.
Instant Upload Saya mencoba aplikasi G+ di Android dan terdapat fasilitas Instant Upload, awalnya saya kira memotret lalu men”share” foto, ternyata tidak seperti itu karena sekali “cekrek” pada aplikasi Androidnya maka foto langsung terupload otomatis. Banyak yang takut nantinya foto-foto yang tidak pantas bisa tershare, tetapi ternyata foto yang secara instan tadi diupload di sebuah album dan tidak terpublikasi di Stream.
Huddle Fasilitas ini hanya bisa digunakan di aplikasi mobile G+, mirip dengan group chat YM dan hebatnya sangat stabil ketika di pakai.
Sistem Tag Serupa dengan FB, di G+ bisa membuat tag di status dengan ‘@’ dan ‘+’. Tag bahkan juga bisa dibuat melalui versi mobile.
#Kelebihan
Diantara kekurangan Google+ diatas ada kelebihan yang dimiliki Google+, diantaranya :
Pesan Google + telah memungkinkan untuk menambahkan Lingkaran mengobrol selama satu-satu pesan, tetapi juga akan baik untuk membawa pada kelompok pesan antara subset dari kelompok yang lebih besar (katakanlah, Keluarga atau Teman, misalnya) tanpa membuat lingkaran.
 Streaming Posts diorganisir oleh aktivitas, tidak berdasarkan urutan kronologis, sehingga sulit untuk bersaing dengan posting terbaru. Sebuah opsi untuk mengatur aliran sebagai garis waktu, karena anda dapat di Facebook, akan berguna.
 Pencarian Publik Sementara sebagian dari kita menemukan pengindeksan Google posting publik terlalu umum, ada juga kepercayaan bahwa raksasa pencarian bisa dan harus berbuat lebih banyak ke permukaan renungan penggunanya. Satu-satunya cara kami temukan untuk mencari posting publik untuk meninggalkan + Google dalam mendukung Google dan cari “site: * plus.google.com”. Google +, menjadi platform relatif terbuka – dan juga gagasan dari sebuah perusahaan yang membuat pencarian nama merevolusi – perlu memiliki built in mencari konten
 Vanity URL Google memiliki kesempatan untuk belajar dari Facebook ketika datang ke URL disesuaikan untuk halaman pribadi Anda. Seharusnya menjajakan kemampuan untuk membuat URL ini batil segera pada saat peluncuran, bukannya memilih untuk layanan seperti gplus.to untuk memasok fungsi itu. Mungkin GOOG adalah menahan sampai dapat menawarkan pengalaman merek lebih lengkap kepada mitra perusahaan.
 Pemberitahuan Jika Anda meninggalkan default akan, pemberitahuan di Google + cepat membanjiri. Bahkan jika Anda menonaktifkan beberapa tanda, Google harus membiarkan Anda lebih menyempurnakan preferensi sehingga Anda menerima pemberitahuan hanya dari orang yang sudah berhubungan dengan lingkaran Anda.
 Tombol ‘+1 Web Ketika Google + diluncurkan, potensi tombol Google Web “+1, yang sebelumnya terisolasi eksperimen sosial yang nyata dengan tidak ada tindak lanjut, klik ke tempatnya. Tiba-tiba +1 dukungan Anda memiliki rumah, dan sebaliknya. Sayangnya, Google belum menutup loop. Google harus memperbarui tombol untuk mengintegrasikan dengan Google +, sehingga waktu berikutnya Anda klik 1 di mana saja di Web, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk menambahkan komentar langsung ke profil + Google.
 Android Dalam rangka untuk menulis pesan baru, Anda harus terlebih dahulu memasuki stream. “Compose button” pada layar awal program akan menghemat beberapa langkah.
3. Twitter
           Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

              Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.Sejarah TwitterTwitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.

#Manfaat
         Twitter bermanfaat untuk memecahkan masalah dan dapat menjadi wadah bagi cara berpikir, dan mengeluarkan suasana hati penggunanya dalam bentuk digital.
           Twitter membantu pengguna untuk mencurahkan dan membentuk isi pikiran serta suasana hati melalui serangkaian kalimat pendek yang mereka posting secara berkala. Demikian yang dilansir Times of India, Kamis (16/4/2009).
   
       Sementara itu melalui Twitter, situs penjualan buku Amazon mempelajari betapa pentingnya merespon tweet (pesan) yang masuk pada akun Twitter mereka. Hal itu terjadi setelah Amazon menampilkan buku ringkasan buku bertema gay dan lesbian. Akibatnya tweet ini memancing protes banyak kalangan pada akun Twitter Amazon dan parahnya lagi langsung mempengaruhi rating penjualan buku Amazon.
#Kekurangan
Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung.
Dibatasi sampai 140 karakter per update.
Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya.
Lebih menekankan pada penghitungan follower.
Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan.
Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal.
Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas.
#Kelebihan
Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman.
Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir.
Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap.
Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader.
Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka.
Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll).
Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel.
Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan.
Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya.

4. GMail
 
 


           GMail atau dikenal juga dengan Google Mail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis.

           Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar. Dan untuk pendaftarannya tidak terbuka untuk umum tetapi harus melalui undangan dari orang yang sebelumnya sudah mendapatkan account.

           Dan uniknya untuk menghargai kita yang menjadi pengguna GMail maka setiap detik kapasitas layanan ini terus bertambah. Pada saat penulisan ini dibuat, kapasitas penyimpanannya sudah mencapai 6791 MB.

Fitur-fitur yang ada di GMail:
-GTalk
-Tempat penyimpanan besar
-Satu login untuk semua

Adapun kelebihan dari GMail:
1. Memiliki kapasitas yang besar
2. Fasilitas Autoresponder
3. Bebas spam
4. Cepat

Sedangkan kekurangannya:
1. Tidak ada menu drag and drop
2. Scan email
3. Statis signature
5. Blog/Blogger

 

              Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Fitur-fitur dasar yang ada pada Blog:
-Daftar blog
-Tampilan Slide
-Polling
-Gambar
-HTML/JavaScript
-Profil
-dll

Manfaat Blog:
-Menambah pengetahuan
-Menghasilkan uang
-Sharing pengetahuan

Adapun kelebihan Blog:
1. Cenderung non-formal, dalam penggunaaan bahasa yang dipakai
2. Bisa mendapat banyak pengetahuan
3. Sharing ilmu

Sedangkan kekurangannya:
1. Rentan terknea virus, hacker atau spyware
2. Tulisan kurang dapat dipertanggung jawabkan.
        Demikian analisa yang dapat penulis sampaikan jika ada kekurangan ataupun salah dalam penulisan penulis mohon maaf dan kritik agar penulis tidak cepat puas dengan apa yang telah di peroleh dan ditulis dalam blog ini.
Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar