DEFINISI
NEW MEDIA (Media Baru)
Media
Baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan
digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara
manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya
adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang
menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut para ahli :
Menurut
Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media
komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era
komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi
interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi
interaktif.
Menurut
Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang
melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang
memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun
dengan informasi yang diinginkan.
Sementara
menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi
terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan
jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang
semakin meningkat.
Pandangan terhadap new media
Pandangan
terhadap new media dapat berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh
positifnya info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana
pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negative new media terhadat
manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya
luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka
akan menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat.
Manfaat New Media
Bidang Sosial
Dalam
bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam
jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter,
skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial
ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia
manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam
bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk
tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung
didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya
melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan
materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan
segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa
membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Dalam
bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu
mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga,
tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
Komponen New Media
Pada
new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media
yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya
adalah sebagai berikut:
Produsen merupakan
orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini
berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
Distributor
adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media
yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
Konsumen
adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media
yang berfungsi untuk memakai new media.
Internet & Web
Personal Komputer (PC) /
Notebook
DVDs (Digital Versatile Disc
or Digital Video Disc)
VCDs (Compact Discs)
Portable Media Player.
Mobile Phone.
Video Game/ Game Computer.
Virtual Reality.
Aplikasi New Media
Jejaring Sosial
Contoh
aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo
messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat,
fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo,
video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan
mudah.
Online Shop
Produk
produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah
sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop
melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik
perhatian konsumen secara cepat.
Informasi/Pendidikan
Untuk
mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media
yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog
ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi
didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu :
Google, Altavista, Yahoo dan
website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang
terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, Detik, Okezone dan
berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv,
metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Twitter, Facebook,
Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social
network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata
publik.
BSE, e-dukasi.net,
ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa
pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku
elektronik (e-book).
Dan sebagainya.
Menganalisa dan Menjelaskan
Fitur New Media
Sip, sekarang kita siap
masuk dalam pembahasan hasil analisa terhadap beberapa contoh New Media yang
sedang berkembang pesat saat ini..
FACEBOOK
Facebook (atau facebook)
adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada
Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada
Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook
didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama
mahasiswa ilmu komputerEduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja,
kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas
Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di
universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya
untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Beberapa fitur-fitur
Facebook :
Wall : adalah ruang di
setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan
ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
Status Update : Facebook
memiliki fitur bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan
pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
Photo Tagging : yang membuat
kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto.
Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga
mudah dicari.
Chat : pengguna facebook
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status
seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
Games : ada banyak games
yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan
kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games
tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang
untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
Notification : memberikan
notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan
akun facebook-nya.
Friend Request : seorang
pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam
daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut
dapat diterima maupun ditolak.
Kelebihan Facebook :
– Penggunaan facebook
sangatlah mudah dibanding dengan yang lainnya. Tinggal klik dan selesai.
– Facebook merupakan situs
jejaring sosial terbesar saat ini, sehingga pemakainya banyak.
– Upload gambar sangatlah
mudah.
– Pemakaiannya gratis dan
tanpa batasan.
– Facebook dapat digunakan
untuk tempat bisnis, terlebih untuk sales yang akan mempromosikan produknya.
– Facebook dapat diakses di
manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop,
netbook, dan handphone sekalipun.
Kekurangan Facebook :
– Facebook sangat terkenal
sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip
selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
– Facebook menjadi ajang
penjualan diri. Maksudnya banyak pekerja seks komersial yang menawarkan dirinya
melalui facebook.
– Lebih dari 60% pelajar di
Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka
situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
– Facebook acap kali menjadi
tempat lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status,
menghina lewat comment, dll.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar